Pertamina Teken Kerja Sama Minyak dengan Iran 8 Agustus 2016

Pertamina Teken Kerja Sama Minyak dengan Iran 8 Agustus 2016

Jakarta -PT Pertamina (Persero) dijadwalkan menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) dengan BUMN perminyakan Iran, National Iranian Oil Company (NIOC), pada 8 Agustus 2016.

MoU akan diteken langsung di Iran oleh Direktur Utama Pertamina dan Chief Executive Officer (CEO) NIOC. Kerja sama yang disepakati utamanya adalah pengelolaan blok-blok migas di Iran.

“Kita sudah mendapatkan jadwal untuk pertemuan Dirut Pertamina dengan CEO NIOC, untuk melakukan signing MoU tanggal 8 Agustus 2016 di Iran,” kata Direktur Hulu Pertamina, Syamsu Alam, kepada detikFinance, Kamis (4/8/2016).

Setelah MoU sah, kedua perusahaan akan melakukan uji tuntas (due dilligence) untuk kerja sama menggarap blok migas di Iran. Kajian dilakukan selama kurang lebih 6 bulan. Pertamina mengincar 2 blok migas di Iran, cadangan di setiap blok kurang lebih 2 miliar barel.

Tak hanya mengebor minyak, Pertamina dan NIOC juga akan bekerja sama di bidang perdagangan. Pertamina ingin mengimpor minyak mentah dan LPG dari Iran. Harga minyak dari Iran tergolong murah karena biaya produksinya rata-rata di bawah US$ 10/barel, setara dengan di Arab Saudi.

Selain itu, NIOC juga tertarik membangun infrastruktur migas di Indonesia bersama Pertamina. NIOC berminat membangun tangki penyimpanan BBM (tangki timbun/storage) dan kilang minyak.

Penandatanganan MoU antara Pertamina dan NIOC ini sebenarnya rencananya sudah dilaksanakan pada Juni 2016 lalu. Namun, penandatanganan MoU mundur karena kesibukan pucuk pimpinan kedua perusahaan.

“Memang mundur dari yang pernah kita rencanakan karena memang tidak mudah mensinkronkan jadwal 2 CEO,” pungkas Alam.
(ang/ang)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

twenty − 5 =