Hadapi Lawan-lawan Berat di Piala AFF, Indonesia Diminta Tampil Tanpa Beban

Hadapi Lawan-lawan Berat di Piala AFF, Indonesia Diminta Tampil Tanpa Beban

Jakarta – Tim nasional Indonesia berada di grup berat pada ajang Piala AFF 2016. Mantan kapten timnas, Ponaryo Astaman, menilai Indonesia sepatutnya tampil lepas saja.

Hasil drawing Piala AFF menempatkan Indonesia di Grup A. Tim besutan Alfred Riedl itu segrup dengan tuan rumah Filipina, Singapura, dan Thailand.

Grup ini boleh dibilang sebagai grup neraka untuk Indonesia. Filipina yang dahulu kerap jadi lumbung gol untuk Indonesia, sudah banyak meningkat dan mampu mengalahkan Indonesia empat gol tanpa balas di ajang Piala AFF 2014 lalu.

Sementara Thailand dan Singapura sama-sama punya rekam jejak sukses di turnamen ini. Keduanya telah menjuarai Piala AFF empat kali dan jadi pemegang trofi terbanyak.

Sementara itu, persiapan Indonesia juga tak maksimal. Indonesia baru saja bebas dari sanksi FIFA hingga baru bisa berpartisipasi di ajang internasional.

Hal-hal tersebut membuat Ponaryo pesimistis dengan peluang Indonesia. Pemain Pusamania Borneo FC itu bilang ajang ini agar dijadikan sebagai ajang untuk menambah pengalaman.

“Melihat hasil drawing kemarin, harus diakui bahwa lawan-lawan kita cukup berat ya. Apalagi persiapan mereka luar biasa maksimal, sementara persiapan kita mepet. Semaksimal mungkin dengan apa yang kita bisa,” kata Ponaryo kepada pewarta di sela-sela Kongres Luar Biasa PSSI di hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, Rabu (3/8/2016).

“Dengan pemain yang kita punya saat ini, semoga ini bisa menjadi pengalaman buat mereka kedepannya. Bukan malah menjadi beban di turnamen ini.”

“Semaksimal mungkin saja. Kalau realistis ya kita sudah ketinggalan jauh. Yang terbaik saja yang kita bisa,” imbuhnya.
(cas/raw)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

10 + 13 =